BERSIH ITU INDAH BY KKN 105

                    KKN 105 BERSIH-BERSIH PERPUSTAKAAN SDN PERRENG 02
 
Gotong-royong, merupakan salah satu kebiasaan masyarakat desa. Gotong-royonng adalah kebiasaan yang wajib dibudayakan  dan diajarkan pada setiap orang terutama  dimulai pada masa anak-anak.  Gotong-royong, dapat meningkatkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan dan toleransi pada sesama. Hal ini, merupakan bonus dari pelaksanaan kegiatan tersebut. Masa kanak-kanak merupakan masa dimana mulainya pembelajaran tentang etika dan kebiasaan-kebiasaan baik yang harus dimiliki setiap orang. 

Pembiasan tersebut dapat dimulai dari lingkungan dimana mereka sering berada seperti di sekolah. Di sekolah, anak-anak menghabiskan waktu nya hampir ¼ hari. Oleh sebab itu, mengelola kemampuan akademik dan non akademik pada anak-anak cocok dilakukan di sekolah. Sebagai guru, atau pun pengajar lainnya memberikan contoh dan pertunjukan hal-hal baik pada anak-anak sangat diperlukan untuk membentuk jati diri anak.

Sedangkan, mahasiswa yang memiliki peran sebagai agen of change bertanggung jawab membantu memberikan pengaruh baik di masyarakat. Hal ini, didukung oleh dilaksanakannya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang di tempatkan di desa-desa terpencil. Perubahan yang diawali  dari masa kanak-kanak juga menjadi faktor utama dari suatu perubahan yang baik. 

Mahasiswa/mahasiswi KKN 105  Universitas Trunojoyo Madura yang berada di desa Perreng, memiliki program kerja memberikan tenaga bantu untuk mengajar di Sekolah Dasar (SD) yang berada di desa tersebut. Dalam kegiatan tersebut juga terdapat rangkaian program kerja lainnya yaitu membersihkan perpustakaan yang terbengkalai di sekolah tersebut. Kegiatan membersihkan perpustakaan dilakukan oleh mahasiswa/mahasiswi KKN beserta dengan murid-murid sekolah.

Komentar