BERSIH-BERSIH DESA BERSAMA PARA APEL


KERJA BAKTI DI DESA PERRENG, ITU MENYENANGKAN WUJUD DARI LINGKUNGAN YANG SEHAT DAN KEAKRABAN YANG SOLIDARITAS


Kerja bakti atau bersih desa di desa Perreng merupakan tempat pelaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata) kelompok 105 kami dimana kerja bakti tersebut dilaksanakan pada minggu pertama pelaksanaan KKN yang tepatnya pada hari Jum’at dan Minggu, yaitu pada tanggal 20 dan 22 Juli 2018.
Kerja bakti ini dilaksanakan untuk membuat lingkungan di desa Perreng lebih bersih, sehat, dan pemandangannya bisa terlihat indah dikarenakan di desa Perreng ini memiliki objek wisata pedesaan yang sangat asri dan alami yang merupakan  ciri khas pedesaaan yaitu pertanian (persawahan). Lingkungan rumah di desa Perreng ini sepanjang jalan dikelilingi area pertanian sehingga antara rumah satu dengan lainnya diapit atau dikelilingi area persawahan. Dengan alasan tersebut, kami berkeinginan untuk membersihkannya agar masyarakat di desa ini dan masyarakat pendatang bisa nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Sebenarnya kerja bakti ini selain bermanfaat membuat lingkungan bersih dan terhindar dari sarang penyakit, kerja bakti juga memiliki sisi positif yang lain, yaitu:
1.      Mempererat silaturahmi kami dengan masyarakat di desa Perreng dan meningkatkan rasa persaudaraan atau solidaritas kelompok kami
Dengan adanya kerja bakti ini, antara kami dan masyarakat desa perreng ini bisa saling bertemu dan berbincang-bincang untuk mengenal satu sama lain. Dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak bisa menjadi bisa maksudnya dari kami yang tidak tahu cara yang benar untuk memotong rumput liar (ngaret) sekarang bisa memotong rumput liar dengan benar. Dengan adanya saling mengobrol dan berbincang-bincang ini membuat suasana lebih ramai dan menghibur, sambil memberikan semangat untuk bekerja bakti dan memberikan candaan untuk mencairkan suasana agar lebih segar. Hal ini menciptakan rasa saling mengenal antara satu dengan lainnya, kebersamaan, dan kegotong-royongan.
2.      Untuk refreshing
Kerja bakti adalah suasana santai tanpa target dan tanpa tuntutan tertentu. Ini adalah kehidupan sosial yang lain dan menyenangkan karena benar-benar untuk mewujudkan kehidupan bertetangga yang harmonis. Ini merupakan refreshing yang murah meriah, pikiran akan menjadi sehat karena melepaskan dari berbagai aktivitas yang rutin atau tekanan kehidupan. Kami disini juga bisa berfoto atau membuat video dengan handphone atau gadget kita masing-masing sambil diupload di sosial media yang merupakan trend masa kini agar tidak dibilang kuno atau norak.
3.      Bisa berolahraga
Kerja bakti juga bisa membuat badan kami berkeringat. Ada kombinasi gerakan fisik, berjalan, mengangkat, mengayun, naik, turun, atau menahan yang membuat kami kelelahan, akan tetapi bagi saya ini sangat memuaskan untuk membakar kalori, seperti olahraga. Pekerjaan ini bisa membakar kalori kami hingga 500 kalori selama dua hingga tiga jam. Setiap orang perlu mencoba hal ini sesuai dengan kemampuan tanpa harus memaksa diri. Umumnya kegiatan yang dilakukan dalam kerja bakti ini, seperti memotong atau membersihkan rumput-rumput liar di sekitar area persawahan, yang tidak pernah pergi ke sawah sekarang bisa merasakan suasana di persawahan. 

Kami berharap kerja bakti ini tidak hanya dilaksanakan saat ini atau sekali saja, tetapi bisa menjadi aktivitas rutin setiap minggu untuk masyarakat desa Perreng agar lingkungan desa Perreng selalu bersih, sehat, dan alami.

Komentar